Tugas 2 (Softskill)
A. Teori Tingkat Bunga
Pengertian Tingkat Bunga
Pada ekonomi yang mendasarkan pada mekanisme pasar,
kuantitas barang dan jasa yang diprodusir ditentukan oleh pasar, yakni
permintaan akan barang tersebut dipengaruhi konsumen. Mekanisme pasar berfungsi
melalui harga. Harga mempunyai fungsi alokasi faktor produksi kearah produksi
barang-barang yang lebih disukai oleh masyarakat dari produksi barang yang
tidak disukai oleh masyarakat. Mencermati uraian tersebut, sebenarnya produsen
(petani kopi) tidak mudah mengubah produksi dari teh ke kopi. Oleh karena itu
produsen teh akan meminta harga yang lebih tinggi dan apabila konsumen mau
membayar tentu saja mereka akan dapat memperoleh teh. Kenaikan harga ini dapat
pula dipandang sebagai ongkos ganti penggunaan faktor produksi dari produksi
kopi ke teh.
Kaitannya dengan tingkat bunga, pertanyaan timbul “apa
peranan tingkat bunga?” seperti halnya harga kopi dan teh di atas tingkat bunga
tidak lain adalah harga yang terjadi di pasar uang dan modal, jadi tingkat
bunga juga mempunyai fungsi alokatif dalam perekonomian, khususnya dalam
penggunaan uang atau modal.
Menurut Sukirno (1994:377), pembayaran atas modal yang
dipinjam dari pihak lain dinamakan bunga. Bunga yang dinyatakan sebagai
persentase dari modal dinamakan tingkat suku bunga. Berarti tingkat bunga
adalah persentase pembayaran modal yang dipinjam dari lain pihak.
Menurut Boediono (1985:75): Tingkat bunga yaitu sebagai
harga dari penggunaan uang untuk jangka waktu tertentu. Pengertian tingkat
bunga sebagai harga ini bisa juga dinyatakan sebagai harga yang harus dibayar
apabila terjadi pertukaran antara satu rupiah sekarang dan satu rupiah nanti.
Jadi tingkat suku bunga merupakan persentase dari modal yang dipinjam dari pihak luar atau tingkat keuntungan yang didapatkan oleh penabung di Bank atau tingkat biaya yang dikeluarkan oleh investor yang menanamkan dananya pada saham.
Jadi tingkat suku bunga merupakan persentase dari modal yang dipinjam dari pihak luar atau tingkat keuntungan yang didapatkan oleh penabung di Bank atau tingkat biaya yang dikeluarkan oleh investor yang menanamkan dananya pada saham.
Fungsi Tingkat
Suku Bunga dalam Perekonomian
Dua masalah pokok yang harus dipecahkan oleh setiap
sistem ekonomi adalah;
- Berapa banyak faktor produksi yang harus digunakan untu menghasilkan beberapa barang yang berbeda pada waktu/saat yang bersamaan. Misalnya kayu jati gelondongan dapat dibuat kayu gergajian, meja, almari, atau kursi. Pada sistim ekonomi pasar alokasi penggunan kayu gelondongan tesebut ditentukan oleh harga meja, kursi atau kayu gergaji.
- Masalah alokasi penggunaan faktor produksi untuk menghasilkan barang yang akan digunakan sekarang atau di kemudian hari. Fungsi yang kedua inilah yang antara lain dilakukan oleh tingkat bunga. Yakni alokasi faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang dipakai sekarang dan di kemudian hari.
Setiap
masyarakat mempunyai kecenderungan untuk melakukan alokasi faktor produksi
untuk penggunaan sekarang dan nanti. Hanya metodenya yang berbeda antara satu
negara dengan negara lain. Ada yang mendasarkan alokasi ini pada tradisi
(terutama untuk masyarakat yang belum maju), yakni dengan menyisihkan sebagian
dari hasil yang diperoleh sekarang untuk penggunaan di waktu yang akan datang.
Seperti yang dilakukan di Rusia, alokasi lebih banyak dilakukan oleh
pemerintah. Tetapi dalam sistim ekonomi pasar (Amerika Serikat), alokasi antara
sekarang dan nanti adalah hasil interaksi keputusan masing-masing individu.
Kurva Kesempatan Investasi
Kurva
Kesempatan Investasi (The Investment – Opportunity Curve) adalah konsep untuk
menjelaskan masalah alokasi antar waktu. Guna memudahkan memahami konsep ini,
maka akan disampaikan alam bentuk contoh.
Misalkan suatu
masyarakat yang hidup disekitar hutan jati, dan hanya ada satu jenis barang yag
dihasilkan yaitu kayu gergajian. Apabila masyarakat tersebut semakin banyak
menebang kayu jati di hutan tahun ini, maka makin sedikit kayu jati yang akan
bisa ditebang di tahun yang akan datang.
Banyaknya kayu
gergajian yang dihasilkan sekarang dengan tahun yang akan datang tidak satu
banding satu. Artinya kalau tahun ini menghasilkan 10 kayu gergajian lebih
banyak tidak berarti tahun depan produksi kayu gergajian turun dengan 10 buah.
Masalah yang dihadapai oleh masyarakat tersebut adalah penentuan jumlah pohon
yang ditebang tahun ini dan tahun depan. Dengan kata lain, masyarakat tersebut
perlu menyelesaikan masalah alokasi antara jumlah produksi tahun ini dengan
tahun depan.
Masalah
alokasi tersebut dapat digambarkan dalam grafik sebagai berikut:
- Jika masyarakat menebang semua pohon dan digergaji tahun ini, maka tahun depan mereka tidak dapat menghasilkan kayu gergajian, yaitu pilihan pada titik A.
- Pilihan titik B, tahun ini tidak memproduksi sama sekali, dan berarti semua pohon diproduksi tahun depan.
- Pada titik C, sebagian dihasilkan tahun ini dan sebagian lagi tahun depan.
- Bentuk kurva cembung darititik nol, berarti berlaku anggapan bahwa hubungan turunnya produksi sekarang dengan naiknya produksi tahun depan tidak satu banding satu.
- Berdasarkan kurva di atass dapat disimpulkan, bahwa dengan tidak menebang pohon pada tahun ini (menabung) berarti melakukan investasi pohon untuk produksi tahun depan.
Gambar: Kurva Kesempatan Melakukan Investasi
Pilihan Waktu
Terdapat
beberapa cara untuk memecahkan masalah pilihan waktu ini, yaitu melalui
tradisi, keputusan pemerintah dan pilihan individu. Yang dimaksud dengan cara
tradisi adalah masyakat melakukan pilhan atas dasar apa yang dipakai nenek
moyangnya, tanpa adanya perubahan dan selalu berulang begitu seterusnya. Dengan
cara ini masyarakat akan memilih misalnya pada titik C, menebang secukupnya
tahun ini guna memperoleh kayu gergajian sebanyak 10 buah tahun depan, cara ini
terus dipertahankan dari tahun ke tahun tanpa perubahan.
Pilihan yang didasarkan atas pilihan pemerintah secara sederhana dapat dijelaskan dengan contoh sebagai berikut. Seandainya pemerintah dapat diibaratkan sebagai seorang raja yang dapat menentukan berapa kayu gergajian yang dihasilkan tahun ini dan berapa tahun depan yang berlaku bagi sekelompok masyarakat. Bagaimana caranya si raja ini menentukan jumlah tersebut? Guna menjawab pertanyaan ini diperlukan suatu konsep apa yang disebut "kurva indifference pilihan waktu" dari si raja tersebut (persis sama dengan kurva indifference seorang konsumen) seperti gambar berikut:
Gambar:
Kurva Indefference Pilihan Waktu
Kurva indifference mempunyai bentuk cembung ke titik nol,
jadi kurva indifference (indifference curve) (IC) yang lebih tinggi, misalnya
titik D, akan lebih disukai daripada di bawah kurva. (titik A, B dan C). Keputusan pilihan waktu akan didasarkan pada
prinsip kepuasan tertinggi dengan mengingat keterbatasan alat pemuas. Secara
grafik dapat ditunjukkan dengan titik singgung antra kurva IC dengan kurva
berbagai kesempatan investasi (titik E pada gambar berikut).
Gambar: Fungsi Alokasi dengan Keputusan Pemerintah
- Setiap individu memuliki IC sendiri. Sekelompok individu (konsumen) mungkin mau menunda sebagian penggunaan barang sekarang untuk memperoleh brang lebih banyak di kemudian hari. Sebaliknya kelompok lain (produsen) karena mengharapkan dapat melakukan investasi dari penundaan penggunaan barang sekarang yang jumlhnya lebih sedikit (10 buah kayu).
- Dari dua kelompok individu ini karena kesukaan mereka tidak sama, bahkan berbalikan maka timbullah semacam pasar (pinjam-meminjam). Dari contoh di atas, maka kelompok konsumen akan bersedia mengorbankan penggunaan barang sekarang sedang kelompok pengusaha justru mau menggunakan penggunaan barang sekarang dan bersedia mengganti dengan jumlah lebih banyak di kemudian hari. Dari proses ini lahirlah nilai tukar/harga, yang dalam hal ini dapat disebut sebagai tingkat bunga.
Nilai tukar atau tingkat bunga
dapat digambarkan dalam gambar di bawah ini:
Gambar: Tingkat Bunga
- Garis lurus miring dari kiri atas ke kanan bawah menggambarkan tingkat bunga, yakni perbandingan/nilai tukar antara jumlah barang yang dapat dipakai sekarang dengan yang dapat dipakai di kemudian hari.
- Misal 10 buah kayu yang bisa dipakai tahun ini dapat ditukar dengan 11 buah kayu tahun depan. Nilai tukar, yang juga menggambarkan tingkat bunga, besarnya ditentukan oleh lereng garis tersebut.
- Makin datar berarti makin banyak barang tahun depan yang bisa diperoleh dengan sejumlah tertentu barang tahun ini, jadi tingkat bunganya makin tinggi.
- Sebaliknya makin tegak lurus garis, berarti makin rendah/kecil tingkat bunganya.
- Gerakan ke bawah sepanjang garis itu menunjukkan adanya tindakan memberi pinjaman. Sebaliknya gerakan ke atas menunjukkan adanya tindakan meminjam, karena menukarkan penggunaan barang kemudian hari yang jumlahnya lebih banyak dengan penggunaan barang sekarang yang jumlahnya lebih sedikit.
Melalui alat
analisa di atas, maka masalah alokasi waktu bagi individu dapat dipecahkan.
Pada prinsip persaingan setiap individu memiliki kurva kesempatan investasi dan
kurva indifference serta adanya transaksi pinjam-meminjam. Berdasarkan anggapan
tersebut, pemecahan masalah alokasi dapat dijelaskan dengan menggunakan contoh
sebagai berikut.
Gambar: Alokasi Waktu
- Tanpa adanya pinjam meminjam, individu X akan memilih titik B, karena untuk kurva kesempatan investasi tertentu, dia sudah dapat kepuasan yang maksimum.
- Adanya mekanisme “pinjam-meminjam”, X dapat memilih produksi pada titik A dan meminjamkan kelebihan produksinya (jarak A dan B) pada tingkat bunga yang berlaku dipasar. Pada kemdian hari X dapat menggunakan kayu gergajian yang lebih banyak pada titik C. Posisi C, X lebih baik, karena berada pada IC yang lebih tinggi.
- Tanpa adanya transaksi pinjam meminjam, Y akan berad pada titik D dengan penggunaan barang dikemudian hari dalam jumlah lebih sedikit dari pada sekarang. Dengan adanya transaksi indivisu, Y akan berproduksi pada titik A dan akan meminjam. Dengan meminjam ini posisinya akan lebih baik yang ditunjukkan pada titik E, yang berada pada kurva IC lebih tinggi.
- Bagaimana diketahui bahwa jumlah yang dipinjamkan oleh X sama dengan jumlah yang dipinjam oleh Y?
Harga/tingkat bunga yang menjamin kesamaan tersebut. Tingkat bunga akan naik apabila Y ingin pinjam lebih banyaj dan sebaliknya, apabila keinginan pinjam menurut tingkat bunga juga akan turun, dan dari sini dapat diketahui bahwa tingkat bunga merupakan pemecah masalah alokasi antara sekarang dan nanti.
Teori Klasik tentang Tingkat Bunga
Menurut
Klasik, tabungan adalah fungsi dari tingkat bunga, makin tinggi tingkat bunga
semakin tinggi pula keinginan masyarakat untuk menabung. Pada tingkat yang
lebih tinggi, masyarakat akan terdorong untuk mengorbankan konsumsi untuk
menambah tabungan. Demikian pula dengan investasi merupakan fungsi dari tingkat
bunga, akan tetapi memiliki hubungan yang negatif.
Tingkat bunga dalam keadaaan keseimbangan (tidak ada dorongan untuk naik atau turun) akan tercapai apabila keinginan menabung masyarakat sama dengan keinginan pengusaha untuk melakukan investasi. Secara grafik, keseimbangan tingkat bunga dapat digambarkan seperti gambar dibawah ini:
Gambar: Teori
Klasik tentang Tingkat Bunga
Teori Keynes tantang Tingkat Bunga
Keynes
memiliki pandangan yang berbeda dengan klasik tentang tingkat bunga. Tingkat
bunga ditentukan oleh permintaan dan penawaran uang (pada pasar uang). Uang
merupakan alat portopolio yang bisa diwujudkan dalam bentuk UANG KAS dan SURAT
BERHARGA.
Resiko dan gain surat berharga ditentukann oleh tingkat bunga "rata-rata" dari segala macam surat berharga yang beredar di masyarakat. Permintaan uang oleh:
Gambar: Teori Keynes tentang Tingkat Bunga
Teori tingkat
bunga Keynes memiliki hubungan yang negatif antara Tingkat Bunga Vs. Jumlah
Uang.
- Terjadi spekulasi dalam fluktuasi tingkat bunga.
- Naiknya tingkat bunga e cost memegang uang kas naik e hasrat memegang uang kas turun e demikian pula sebaliknya.
- Pada tingkat bunga keseimbangan (req), keinginan memegang uang kas sama dengan Jumlah uang.
Bila tingkat
bunga di bawah keseimbangan (r1), masyarakat menginginkan uang kas lebih banyak
dengan menjual surat berharga, pada koordinat F. Penjual surat berharga ini mendorong
harga ’surat berharga’ turun, sampai keadaan keseimbangan dimana keinginan
memegang uang kas sama dengan JUB. Dan demikian pula sebaliknya.
B. Tolak Ukur Stabilitas Rupiah
Setiap kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah harus
memiliki target dan ukuran keberhasilan. Hal ini penting, untuk mengukur atau
sebagai acuan, apakah kebijakan tersebut berhasil atau tidak. Dalam
perekonomian beberapa indkator yang biasanya digunakan untuk menilai kebijakan
moneter adalah:
- Jumlah Uang Beredar (JUB)
- Laju inflasi yang cukup rendah terkendali
- Suku bunga pada tingkat yang wajar
- Nilai tukar rupiah yang realistis, dan
- Ekspektasi/harapan masyarakat terhadap moneter
Dari kelima
indikator tersebut, hanya JUB yang tidak dapat dimonitor dan dirasakan lansung
oleh masyarakat, sementara itu indikator nomor 2 sampai dengan 5, relatif dapat
dilihat dan dirasakan langsung oleh masyarakat. Dengan alasan ini, berikut ini
akan dijelaskan secara ringkas dari keempat indikator tersebut.
- Laju
Inflasi
Bagi dunia perbankan laju inflasi yang tinggi akan menimbukan kesulitan bagi Bank untuk mengerahkan dana masyarakat, karena dengan inflasi yang tinggi tersebut, tingkat bunga riil (bunga nominal-inflasi) akan menurun, sehingga mengurangi keinginan masyarakat untuk menyimpan kekayaannya dalam produk-produk perbankan.
Dampak selanjutnya adalah, bunga riil yang menurun bila dibandingkan tingkat bunga riil di luar negeri akan memicu larinya dana masyarakat ke luar negeri, karena dirasakan masyarakat lebih menguntungkan menyimpan dananya di luar negeri. Kedua dampak inflasi diatas akan menyebabkan Perbankan kekurangan dana yang berasal dari masyarakat, dan ini berarti kemampuan Bank dalam menyediakan dana untuk investasi juga turut berkurang, akibatnya laju pertumbuhan produksi dan ekonomi juga akan melambat. Selain itu, inflasi yang tinggi juga akan memicu ketidakpastian dalam banyak aktivitas ekonomi masyarakat, khususnya dalam hal perencanaan dan operasional perusahaan, termasuk dalam perbankan.
- Suku
Bunga
Selain yang telah sering dijelaskan sebelumnya, bahwa dari sisi masyarakat tingginya suku bunga memang akan menambah keinginan masyarakat untuk menyimpan dananya di bank, namun di sisi lain, tingginya suku bunga tersebut akan mengurangi niat dunia usaha untuk mengambil kredit bagi pengembangan usahanya. Akibatnya dana yang sudah terlajur masuk ke perbankan dengan adanya bunga tinggi tersebut, tidak dapat tersalurkan dan menimbulkan permasalahan baru bagi perbankan, yakni, Kemana dana masyarakat tersebut akan disalurkan? Apabila masalah ini tidak segera mendapat jalar keluar, maka perbankan terancam akan menghadapi masalah likuiditas dan tentu saja masalah penghasilan dari bunga yang seharusnya diperoleh.
Dengan penjelasan yang sedikit berbeda, rendahnya tingkat bunga memang akan mendorong banyak pelaku dunia usaha untuk mengambil dana di perbankan, namun karena rendahnya tingkat bunga tersebut, apalagi bila dibandingkan dengan tingkat bunga di luar negeri; masyarakat akan lebih tertarik menyimpan dananya di perbankan luar negeri, sehingga perbankan dalam negeri akan kekurangan dana yang sedang dibutuhkan oleh dunia usaha. Dampak lebih jauh lagi adalah terhambatnya investasi yang terjadi di sektor industri karena kesulitan mendapatkan dana, sehingga produksi akan melambat.
- Nilai
Tukar Rupiah
Nilai tukar yang stabil tentu akan lebih memberi iklim kepastian bagi semua pelaku usaha, termasuk sektor perbankan, dunia usaha dan masyarakat. Nilai tukar rupiah yang rendah saat ini dapat dijadikan saat yang baik dunia usaha yang beorientasi ekspor, dan ini dapat memicu peningkatan permintaan kredit dari dunia usaha untuk melanjutkan dan meningkatkan produk ekspornya. Dengan kejadian ini tentu akan menguntungkan dunia perbankan. Penyesuaian nilai tukar yang terlalu cepat akan sangat merugikan karena hal ini dapat mendorong bergeraknya aliran dana masyarakat ke luar negeri. Dengan demikian antara nilai tukar dan inikator kebijakan moneter lainnya memiliki hubungan yang sangat erat, khususnya bagi kebijakan pemerintah yang sedang ditempuh untuk menstabilkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
- Ekspektasi
Masyarakat
Meskipun lebih sulit untuk diukur, namun ekspektasi masyarakat mulai mendapat perhatian besar dalam rangka pelaksanaan kebijakan moneter di Indonesia. Ekspektasi umumnya terjadi melalui ekspektasi masyarakat terhadap tingkat inflasi dan ekspektasi terhadap nilai tukar. Ekspektasi masyarakat yang berlebihan terhadap besaran inflasi akan mendorong semakin tingginya harga-harga, sehingga akan mengurangi tingkat konsumsi dan daya saing produk dalam negeri yang akan ekspor. Sementara itu, ekspektasi masyarakat yang negatif terhadap nilai tukar akan berdampak pada menurunnya kepercayaan masyarakat pada mata uang rupiah, sehingga dapat memicu mengalirnya dana masyarakat keluar negeri. Apabila hal ini terjadi, maka seperti telah dijelaskan di bagian awal bab ini, maka perbankan akan kesulitan dalam menghimpun dana masyarakat yang sangat diperlukan untuk keperluan investasi dunia usaha.
Dengan penjelasan keempat indikator moneter tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa stabilitas dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, sangatlah dipengaruhi oleh keempat indikator tersebut, sehingga kebijakan moneter yang ditempuh pemerintah akan hal itu, harus memberikan hasil yang baik, dalam arti terkendali, wajar, dan realistis.
C. Strategi Kebijakan Moneter
Untuk mendapatkan indikator moneter seperti
disyaratkan di atas, pemerintah yang dalam hal ini otoritas moneter, memerlukan
stratei yang tepat dan sesuai dengan kondisi di Indonesia.
Secara umum, strategi moneter yang dapat dipilih antara lain adalah:
1. Strategi Kebijakan moneter longgar (Easy Monetary Policy) atau Strategi kebijakan moneter ketat (Tight Monetary Policy)
Kebijakan moneter longgar akan ditempuh untuk menggiatkan kembali perekonomian yang sedang lesu, dengan cara mempermudah dan menambah jumlah uang beredarm agar permintaan konsumsi naik >>> produksi naik. Namun demikian dalam perekonomian terbuka dan sistem devisa bebas, keijakan moneter yang longgar yang dapat menimbulkan dampak seperti gambar berikut ini:
Gambar: Dampak Kebijakan Moneter Longgar
Sementara itu, kebijakan moneter ketat akan memberi dampak sebaliknya, terutama dalam rangka meredam kenaikan harga atau inflasi yang berlebihan, sehingga tekanan terhadap neraca pembayaran berkurang karena produk dalam negeri kembali dapat bersaing, meskipun dengan kebijakan ini akan berdampak pula pada menurunnya pertumbuhan ekonomi, karena jumlah uang yang beredar dikurangi, yang berarti permintaan juga berkurang à produksi berkurang.
Sebuah dilema memang akan terjadi, tatkala perekonomian Indonesia menghadapi dua kondisi yang bersamaan, yakni lesunya ekonomi dan tertekannya neraca pembayaran atau melemahnya daya saing produk lokal. Penerapan kebijakan moneter longgar memang akan menyelamatkan ekonomi yang lesu, namun akan memperparah kondisi neraca pembayaran Indonesia…sementara penerapan kebijakan moneter ketat akan menyelamatkan neraca pembayaran dan manikkan daya saing, namun akan berdampak pada menurunnya/lesunya perekonomian. Kalau sudah demikian, kebijakan mana yang akan dipilih?
Dengan dilema tersebut, pemerintah kemudian memang dituntut untuk dapat meramu kebijakan yang paling pas dan menetapkan skala prioritas pemecahan masalhg yang ada, sehingga lesunya perekonomian dapat diatasi dan daya saing produk ekspor Indonesia juga membaik, dan ini memang bukan pekerjaan yang mudah.
2. Countercyclical Monetary Policy atau
Accomodative Monetary Policy
Countercyclical Monetary Policy
Untuk memperlunak konjungtur/naik turunnya perekonomian, pemerintah perlu secara
aktif malakukan intervensi di pasar uang, yakni dengan melakukan ekspansi
moneter disaat perekonomian mengahadapi masa resesi dan melakukan konstraksi
moneter saat perekonomian mengalami boom/laju yang terlalu cepat. Penjelasan
ini dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar: Dampak Kebijakan Countercyclical
Lebih jelasnya, saat akan perekonomian cenderung mengalami resesi, maka pemerintah harus segera melaksanakan kebijakan moneter yang lebih ekspansif dengan tujuan meningkatkan jumlah uang beredar di masyarakat. Dengan demikian, hasrat masyarakat atau permintaan konsumsi masyarakat diharapkan akan meningkat, yang berarti akan memberi dorongan bagi dunia usaha untuk meningkatkan produksinya. Pada gilirannya, kondisi ini akan mendorong tumbuhnya ekonomi di Indonesia.
Sementara itu, di saat perekonomian mengalami boom, yang cenderung memicu naiknya harga-harga atau inflasi, pemerintah perlu segera menerapkan kebijakan moneter yang ketat, dengan tujuan memperlambat dan mengurangi tingkat konsumsi dan permintaan masyarakat, sehingga laju perekonomian dapat diperlambat.
Accomodative Monetary Policy
Pendapat kedua mengatakan, bahwa sebaiknya pemerintah menghindari intervensi
untuk memperlunak konjungtur perekonomian yang terjadi, dan membiarkannya
terjadi secara alami. Pendapat ini didasarkan pada pemikiran:
- Ekspektasi masyarakat dapat mengalahkan dampak dari variabel-variabel moneter lainnya. Dengan kata lain, masyarakat telah mengantisipasi setiap kebijakan yang akan diterapkan oleh masyarakat.
- Kebijakan pemerintah tidak dapat memberi dampak secara langsung dan segera. Sebagai contoh; kebijakan moneter longgar yang ekspansif yang diterapkan saat ekonomi lesu/resesi, tidak akan segera kelihatan dampaknya saat itu juga, namun butuh waktu dan itu dapat terjadi justru ketika perekonomian telah mencapai tahap boom. Begitu pula kebijakan moneter ketat/konstraksi yang diterapkan untuk mengatasi kondisi boom, baru akan terasa dampaknya justru saat ekonomi sedang resesi.
Akibatnya adalah, bukan masalah resesi dan boom yang teratasi, tetapi justru kedua kondisi ekonomi itu akan bertambah parah, seperti terlihat pada gambar berikut ini.
Gambar: Dampak Kebijakan Accomodative
Oleh karena
itu, tidak bijaksana kalau pemerintah melakukan intervensi dengan kebijakan
moneter saat terjadi resesi atau boom. Biarkan kedua kejadian itu berlangsung
apa adanya. Kalaupun pemerintah akan membantu, lakukan dengan menyeimangkan
jumlah uang beredar dengan kebutuhan saat itu.
D. Efektifitas Kebijakan Moneter
Yang dimaksud dengan efektifitas kebijakan moneter adalah, sejauh mana kebijakan
moneter yang ditempuh pemerintah (apapun bentuknya), memberi dampak positif
bagi perekonomian dan masyarakat, dalam arti:
- dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi
- dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat
- dapat meningkatkan kesempatan kerja
- dapat meningkatkan penerimaan devisa negara
- serta memberi pengaruh pada kebijakan makro lainnya
Teori yang membicarakan mengenai efektifitas kebijakan moneter ini diantaranya adalah:
- Teori Natural Rate Hypothesis, yang percaya bahwa kebijakan hanya akan efektif dan memberi dampak dalam jangka pendek saja, namun tidak akan efektif untuk jangka Panjang.
- Teori Rational Expectation Hypothesis, yang percaya bahwa baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang, kebijakan moneter tidak akan efektif.
Untuk memberi pemahaman yang lebih baik menganai kedua teori tersebut, perhatikan contoh kasus berikut ini:
Dari kasus di atas,
Menurut teori
Natural Rate Hypothesis, kebijakan ekspansif pemerintah tersebut dalam jangka
pendek terbukti telah mampu menggairahkan perekonomian dengan meningkatkan
konsumsi masyarakat yang berlanjut dengan meningkatnya produksi. Namun, dalam
jangka panjang meningkatnya konsumsi dan kegiatan produksi yang meningkat
tersebut secara berlahan akan kembali ke kondisi semula karena dalam jangka
panjang kenaikan harga yang terjadi akan mulai memberatkan masyarakat sehingga
cenderung akan mengurangi konsumsinya, terlebih lagi masyarakat/pekerja mulai
menyadari bahwa upah riil mereka turun, dalam arti kenaikan upah riil yang
mereka peroleh mulai tidak dapat mengimbangi kenaikan harga barang-barang yang
mereka konsumsi.
Kalaupun
kemudian mereka menuntut kenaikan upah yang lebih tinggi lagi, namun produsen
akan mulai merasa keuntungannya berkurang, sehingga mengurangi keinginannya untuk
memperluas atau menambah produksi, sehingga dalam jangka panjang kegiatan
produksi danperekonomian akan kembali melemah seperti semula.
Sementara itu,
menurut teori Rational Expectation Hypothesis, kesadaran masyarakat akan upah
riil sudah muncul lebih awal, sehingga dalam jangka pendek pun kebijakan
pemerintah yang ekspansif tersebut sudah tidak akan memberi dampak apa-apa.
Teori ini percaya, bahwa masyarakat sejak awal sudah sadar bahwa upah riil
mereka bahkan menurun meskipun secara nominal mengalami kenaikan, sehingga
masyarakat/pekerja sejak awal sudah tidak bersedia menambah tawaran tenaga
kerja mereka. Dengan demikian produsen juga tidak dapat menambah produksinya
karena tidak berhasil membujuk masyarakat untuk bekerja lebih bayak lagi.
Kalau toh masyarakat
bersedia bekerja lebih banyak, mereka akan menuntut kenaikan upah yang lebih
tinggi lagi, dan ini berarti keuntungan produsen akan semakin berkurang
sehingga produsen juga tidak tertarik lagi untuk menaikkan produksinya. Bila
hal ini terjadi baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang,
pertumbuhan ekonomi tidak akan pernah terjadi.
Khusus
pendapat dari teori Rational Expectation
Hypothesis ini, masih terus terjadi diskusi yang mendalam mengenai tidak
adanya dampak dari kebijakan pemerintah tersebut. Pendapat yang pertama tidak
percaya bahwa masyarakat akan begitu pandai dan telitinya akan perubahan dan
perkembangan perekonomian akibat kebijakan pemerintah tersebut, sehingga
sebelumnya telah mengantisipasi setiap kebijakan pemerintah yang ada.
Pendapat lainnya sangat percaya bahwa masyarakat, melalui teknologi, berbagai media yang ada, serta dengan semakin meratanya ilmu pengetahuan, akan dengan sangat cepat dapat memahami apa yang akan terjadi dengan kebijakan pemerintah, sehingga masyarakat akan melakukan antisipasi sejak awal terhadap dampak kebijakan pemerintah tersebut. Dengan demikian dampak yang diharapkan terjadi oleh pemerintah lebih sering gagal, karena telah tahu dan mengantisipasi sebelumnya.
Keterkaitan kebijakan moneter dengan kebijakan makro lainnya
Yang perlu diketahui, bahwa dalam
perekonomian sebuah negara, kebijakan moneter merupakan kesatuan yang tidak
dapat dipisahkan dengan kebijakankebijakan makro pemerintah lainnya, seperti
kebijakan fiskal, kebijakan ekonomi luar negeri, maupun kebijakan sektor riil
lainnya.
Dengan demikian apapun pilihan
kebijakan moneter yang ditempuh haruslah memiliki keterkaitan dan mendukung
sasaran dan tujuan dari kebijakan ekonomi makro lainnya, sehingga secara
bersama dapat memberikan dampak yang positif bagi kesejahteraan masyarakat.
Sebagai contoh, kebijakan moneter
yang ekspansif memang akan mendorong pertumbuhan ekonomi di satu sisi, namun di
sisi lainnya, kebijakan ini akan menyebabkan kenaikan harga-harga (inflasi),
sehingga akan memberatkan neraca pembayaran luar negeri karena produk dalam
negeri akan kehilangan daya saingnya di pasar luar negeri, yang berakibat
menurunnya penerimaan devisa negara. Oleh karena itu perlu diimbangi kebijakan
sektor luar negeri kondusif yang dapat mengatasi hal tersebut, seperti misalnya
dengan memberi kemudahan ekspor dan intensi ekspor lainnya.
Begitu pula dengan kebijakan
moneter ketat yang ditempuh untuk tujuan menurunkan tingkat inflasi, akan
memberi dampak negatif pada sektor riil dalam meningkatkan produksinya. Dalam
kasus ini, diperlukan dukungan kebijakan ekonomi makro lainnya agar produksi
tetap dapat ditingkatkan. Kebijakan ekonomi makro lain yang perlu dilakukan
diantaranya dengan memberikan insentif atau keringan pajak bagi produsen, atau
dengan insentif-insentif lainnya seperti penetapan harga khusus untuk bahan
bakar industri dan kebijakan kemudahan perijinan usaha misalnya.
Dengan dukungan berbagai
kebijakan makro lainnya tersebut, kebijakan moneter yang dijalankan pemerintah
akan dapat mencapai sasaran dan dapat diminimalkan dampak negatifnya. Oleh
karena itu diperlukan sebuah ramuan dari berbagai kebijakan moneter dan
kebijakan makro lainnya, sedemikian rupa, agar berbagai kebijakan tersebut
tidak saling bertentangan dan justru saling melengkapi dan mendukung
keberhasilannya, dalam arti jangan sampai yang terjadi adalah:
- Harga-harga semakin naik
- Daya saing produk dalam negeri semkain menurun
- Devisa negara semakin berkurang
- Nilai tukar rupiah semakin melemah
- Daya beli masyarakat semakin lemah
- Produksi nasional semkain berkurang
- Pengangguran semakin meningkat
- Perekonomian semakin lesu, dan
- Kesejahteraan masyarakat semakin memburuk
Pengaruh faktor ekternal (Luar Negeri) Terhadap Kebijakan Moneter
Indonesia
Saat ini,
tidak ada satupun negara yang dapat hidup dan bertahan tanpa berhubungan dengan
negara yang lainnya. Alasan utamanya adalah bahwa suatu negara tidak dapat
memenuhi semua kebutuhannya sendiri karena tidak setiap sumber daya yang
dibutuhkan, ada dan dimiliki di negara tersebut.
Sebagai
contoh, tidak setiap negara memiliki tambang minya, sehingga membutuhkan minyak
dari negara penghasil minyak untuk memenuhi kebutuhan minyak di negara
tersebut. Begitu pula negara penghasil minyak (Negara-negara Arab dan Timur
Tengah isalnya), tidak memiliki produk-produk pertanian sehingga perlu
mengekspor dari negara agraris lainnya. Demikian seterusnya.
Atas dasar
itulah ketergantungan suatu negara terhadap negara lainnya selalu ada, meskipun
dengan nilai intensitas yang tidak sama, tergantung dari seberapa maju
aktivitas ekonomi negara tersebut. Sebagai contoh negara Amerika memang telah
sangat maju dan besar transaksi ekonoinya sehingga dalam beberpa hal seperti
nilai tukar dan tingkat bunga misalnya, secara umum menjadi acuan bagi negara-negara
lainnya, termasuk oleh Indonesia.
Sumber:
arisbudi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/.../Bab+5_Efektifitas+Kebijakan+Moneter.pdf
Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut