Sabtu, 01 Oktober 2016

Perkembangan Usaha Kecil dalam Era Globalisasi

(Tugas Kewirausahaan 2)

                Era globalisasi merupakan era perdagangan yang menghilangkan batas wilayah negara, sehingga bagi setiap negara terutama para pelaku bisnis baik pada tingkat mikro, kecil, menengah maupun besar era tersebut mendatangkan suatu kesempatan dan sekaligus ancaman. Globalisasi perekonomian dunia juga meningkatkan ketidakpastian sebagai akibat dari meningkatnya mobilisasi sumber daya manusia, teknologi, kapital dan semakin terintegrasinya investasi, lembaga keuangan, dan kegiatan produksi, sehingga menimbulkan gejolak ekonomi suatu wilayah sebagai akibat dari pengaruh ketidakstabilan wilayah lain.

Untuk mengetahui kesiapan UKM dalam menghadapi era globalisasi, maka perlu diketahui:
  1. Sifat alami UKM

    Jumlah UKM di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Kemampuan UKM dalam menghadapi krisis disebabkan oleh sifat alami dari UKM yakni di banyak LDCs UKM didominasi oleh unit usaha tradisional yang dapat dibangun dengan modal yang kecil dengan organisasi yang sederhana; UKM memproduksi produk konsumsi sederhana (berteknologi rendah dan TK dengan ketrampilan rendah) bagi konsumen kelas rendah; UKM tidak bergantung kepada fasilitas pemerintah seperti kredit murah. Kondisi ini menyebabkan UKM di Indonesia memiliki daya saing yang rendah dibandingkan dengan UKM Jepang, Korea dan Taiwan. Ketangguhan UKM dalam menghadapi krisis juga dijelaskan bahwa secara structural, gejolak ekonomi mempengaruhi suatu usaha melalui demand dan supply.

    Supply side
    Saat krisis banyak pebisnis bangkrut terutama yang berbahan baku impor sebagai akibat dari kenaikan biaya bahan baku impor (kurs rupiah melemah) dan kesulitan akses kredit ke bank. Semakin tinggi ketergantungan suatu unit bisnis terhadap LN seperti bahan baku, maka semakin tinggi risiko terkena gejolak ekonomi. Krisis berdampak positif terhadap pertumbuhan UKM melalui pasar TK. Jumlah TK yang di diPHK semakin besar, sehingga untuk menyambung hidup mereka mendirikan usaha sendiri sebagai tempat untuk memperoleh penghasilan. Hal ini memunculkan hipotesis bahwa semakin banyak jumlah penduduk miskin, maka semakin pesat pertumbuhan UKM.

    Demand side
    Dampak krisis ekonomi adalah menurunnya pendapatan riil masyarakat baik untuk konsumsi produk dalam negeri maupun produk impor. UKM didominasi oleh usaha-usaha tradisional yang memproduksi produk sederhana/inferior yakni produk dengan elastisitas pendapatan dari permintaan yang negatif dan positif yang lebih kecil dari satu (jika pendapatan naik atau turun, maka demand produk tersebut turun atau naik dengan % yang lebih kecil. Selama krisis telah terjadi transformasi dari produk yang dihasilkan oleh usaha besar ke produk yang dihasilkan oleh UKM.
  2. Kemampuan UKM

    Tiga faktor yang menjadi penentu kemenangan dalam persaingan di era perdagangan bebas dan globalisasi:

    # Kemajuan teknologi
    # Penguasaan ilmu pengetahuan
    # Kualitas SDM Dalam rangka meningkatkan keunggulan bersaing di pasar lokal dan
       internasional,maka para pebisnis UKM harus didorong untuk memiliki ketiga faktor tersebut.

    Menghadapi tantangan globalisasi, UKM harus diberdayakan agar mampu bersaing dengan pelaku bisnis lainnya baik dari dalam maupun luar negeri-salah upaya penguatan daya saing UKM adalah melalui pembentukan jaringan usaha (business networks). Di samping untuk penguatan daya saing, jaringan usaha juga bermanfaat untuk meningkatkan skup ekonomi, efisiensi, pengelolaan bisnis yang efisien, dan memperluas pangsa pasar.

    Untuk mendorong tumbuh kembangkan jaringan usaha ini, sebagai langkah awal yang perlu dilakukan adalah merubah budaya bisnis (business culture). Setelah tumbuh kesadaran untuk melakukan kerjasama, maka perlu disiapkan para pialang (brockers) yang nantinya menyembatani pihak-pihak yang akan melakukan kerjasama usaha. Guna memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para pialang, maka pelatihan dengan praktek lapang harus menjadi pendukung upaya penguatan tersebut.

Sumber :
https://delialestari38.wordpress.com/2015/04/30/prospek-ukm-dalam-era-globalisasi/
http://basarnico.blogspot.co.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar